Oleh: hardybreck | 2 April 2010

Candi Barong

Pagi di Candi Barong

Candi Barong Dikala Pagi

Berada di tempat ini bagai merasakan apa yang ingin disampaikan lewat lagu “Simponi Yang Indah” yang kini dibawakan oleh Once. Kicau burung diselilingi kokok ayam hutan mampu menghadirkan suasana asri dan damai walau dikejauhan terdengar sayup-sayup desah motor, pesawat dan alarm pintu rel kereta. Sungguh suasana ini membawa diri tersekat jauh dengan peradaban. Cuaca yang sejuk, langit yang indah oleh kumpulan awan cirrus diatas kepala dan cumulonimbus dikejauhan memanjakan mata dari kenyataan peradaban yang dibuat-buat. Angin sepoi-sepoi mengantarkan belaian kasih dari ibu pertiwi pada anak manusia yang sudah melupakannya. Sinar mentari turut serta menghangatkan pagi yang cerah ini.

Buaian nikmat suasana membawa angan mengembara kembali ke masa lalu. Mereka-reka saat simbol peradaban ini mulai dibangun. Menyaksikan keajaiban bakti manusia dalam mengungkapkan rasa syukurnya. Suatu bentuk pengabdian yang hingga kini masih kokoh berdiri walau sedikit demi sedikit kemegahannya terkikis oleh jaman. Entah berapa banyak waktu, energi, daya imaji dan bahkan nyawa yang dipersembahkan untuk karya ini. Karya yang melampaui eksistensi peradabannya. Karya yang menjadi saksi kebesaran nenek moyang kita dulu. Karya yang menemani perjalanan ibu pertiwi sejak kehadirannya di muka bumi.

Kini sedikit demi sedikit keperkasaan batu-batu andesit mulai dikikis oleh mahluk-mahluk lembut bernama lumut. Hingga kapankah simbol agung peradaban ini akan tetap berdiri aku tak tahu. Tapi dapat menghampirinya kini dan mengabadikannya dalam salah satu sudut ingatan tetaplah sebuah usaha untuk mempertahankan jejaknya. Mungkin lewat cerita, mungkin lewat tulisan. Yang pasti kisah keberadaan peradaban ini harus tetap terjaga. Lewat nafas-nafas anak manusia pewaris darah nenek moyang bangsa ini. Hingga nanti saat jaman memutuskan untuk memulai sejarahnya yang baru.

Iklan

Responses

  1. Romantisme yang sedikit mencurigakan 😀

    • Ha ha haa saya bukan markus, ga perlu dicurigai ;)).

  2. sip. bangkit dari kubur ki blognya. 😀

    • kadang-kadang bangkitnya ;).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: